Rabu, 10 Februari 2016

Resensi Buku Ilmu Pengetahuan Populer


Rahasia Keajaiban Daun Kemangi



Judul                                   : Khasiat Ajaib             Kemangi
Penulis                                : Sitiatava Rizema         Putra
Penerbit                               : DIVA Press
Tahun terbit, cetakan          : 2012, I
Jumlah halaman                  : 117 halaman





Buku berjudul ”Khasiat Ajaib Kemangi” yang ditulis oleh Sitiatava Rizema Putra ini terdapat 2 Bab yang berisikan spesifikasi tanaman kemangi dan beragam masalah yang dapat diatasi dengan daun kemangi.
Buku ini bertujuan memberikan informasi seputar khasiat daun kemangi bagi kesehatan dan kecantikan sebagai alternative pengganti obat-obatan. Selain memiliki aroma khas dan menggugah selera, daun kemangi juga dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit mulai dari yang ringan hingga berat, diantaranya mengatasi napas tak sedap (bau mulut), mengatasi penyakit panu, mengatasi rasa mual, menunda menopause, menyembuhkan asam urat, mengatasi masalah khusus pria dan wanita, mengatasi masalah pencernaan, menyembuhkan demam, menyembuhkan kanker, mengatasi diare, mengatasi fatigue (badan lesu), menyembuhkan masuk angin, dan menghilangkan bau badan. Selain untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit, tumbuhan yang bernama latin Ocinum Basillicum ini juga dapat digunakan sebagai pestisida nabati pengganti pestisida kimia.
          Buku ini begitu unik karena memiliki ciri khas dalam pemilihan kata yang memberikan kean lebih akrab dan seolah-olah berkomunikasi dengan pembaca. Penulis juga memberikan rangkuman tentang hal-hal penting dalam kotak kecil yang sengaja dibuat penulis agar pembaca lebih dapat mengerti isi pembahasannya. Selain itu, buku ini juga mencantumkan daftar pustaka.
          Buku ini juga dapat membuat pembaca mempunyai keinginan untuk mempraktekkan beberapa tahapan pengobatan dan mengintropeksi diri agar dapat mencegah timbulnya penyakit. Selain isi buku lengkap dan komunikatif, buku ini juga menarik karena gambar covernya jelas dan sesuai dengan temanya. Namun, dalam buku ini penulis tidak menggunakan banyak gambar. Editornya juga kurang teliti dalam menyunting ejaan kata. Jadi, untuk cetakan selanjutnya sebaiknya lebih memperhatikan ejaan serta diberi gambar yang lebih banyak adar pembaca tidak bosan ketika membaca buku tersebut. Terlepas dari kekurangannya, buku ini layak untuk dibaca, tidak hanya cocok sebagai buku pengetahuan, tetapi juga cocok sebagai buku panduan kesehatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar